ARTI SIMBOL BADGE EXO

Jumat, 07 Februari 2014



Awal terpikir olehku konsep ini disusun sangatlah baik. Dari semua konsep grup idols mungkin baru pertama kali mereka dibuatkan konsep yang menurutku cukup menarik. Apa manusia mempunyai kekuatan sihir seperti Harry Potter atau kekuatan Dewa.

Alam semesta ini tak akan dapat dihitung luasnya, jadi manusia hanya bias menyelidiki sesuai kemampuanya untuk mengetahui sudut alam semesta. Pernah mendengar mitologi Yunani yang di dalamnya ada 12 Dewa Olympus yang mepunyai kekuatan-kekuatan. Mungkin EXO mengambil konsep dari itu yang kenapa anggotanya berjumlah 12 orang. 12 Dewa Olympus dalam mitologi Yunani yang pernah aku baca ada Zeus yang disebut dewa petir, lalu Poseidon yang disebut dewa yang menguasai seluruh air dibumi dan mampu mengendalikannya. Yah mungkin tidak semuanya sama, namun dari beberapa dewa itu juga memiliki kekuatan.

Diceritakan bahwa EXO juga berasal dari planet yang disebut PLANET EXO. PLANET EXO memang benar-benar ada di alam semesta ini, aku pernah membaca jika planet ini telah diketemukan bertahun-tahun lalu oleh ahli antariksa. Mereka mengatakan bahwa planet ini sangat mirip dengan bumi, namun entah itu benar atau tidak karena memang belum ada penyelidikan lebih lanjut. Aku pernah membaca jika planet exo memiliki suhu yang berbeda dengan bumi.  Dari itu EXO mempunyai kisah yang begitu panjang dan dapat dilogika. Seperti layaknya dongeng, semacam makhluk luar angkasa yang datang kebumi dengan berbagai kekuatan yang berbeda.

Dari MV MAMA dapat kita lihat sekilas cerita dari Ksatria EXO yang datang dari PLANET EXO. Dan mereka dibagi menjadi Sub yaitu EXO-K dan EXO-M. History EXO dapat dilihat disini. Dari kekuatan yang dimiliki oleh member EXO tergambar dengan symbol badge yang dimiliki dari berbagai kekuatan. Walau ini hanya seperti dongeng tapi menarik untuk diketahui. Dari symbol itu terdapat artinya:


EXO-K

 SUHO: WATER





Suho adalah guardian EXO. Suho mempunyai lambang atau symbol tetesan air/ droplet. Lambang ini menunjukan Suho memiliki kekuatan mengendalikan air atau dalam bahasa inggris disebut water (seperti Poseidon di mitologi Yunani/ Katara di Avatar) atau yang biasa disebut Hydrokinesis
Mungkin alasan Suho mempunyai kekuatan air karena dibumi ini lebih dari 70% adalah air lalu itu yang menyebabkan Suho menjadi guardian EXO (pendapatku seperti itu haha:D) Tapi bedanya jika di mitologi Yunani menyebutkan penguasa/ dewa dari seluruh dewa adalah Zeus sedangkan pengendali air adalah Poseidon (kalau kalian bingung Poseidon itu bayangin saja Neptunus di kartun Spongebob disebutkan mereka sama). Seperti halnya Poseidon, Suho dapat mengendalikan air  dari air danau, sungai, laut dan lainya, ceritanya seperti dia yang membuat tsunami, banjir dengan tangan atau kakinya (makannya jangan nakal sama Suho nanti kalau banjir gimana?haha:D). 
Di MV MAMA ditunjukan juga Suho ada dalam satu ruangan dengan Baekhyun saat itu dan disana ia sedang mengendalikan air.

BAEKHYUN: LIGHT





Baekhyun adalah Main Vocalist EXO-K. Baekhyun mempunyai lambang atau symbol matahari/sun. Lambang ini  menunjukan Baekhyun memiliki kekuatan mengendalikan cahaya atau dalam bahasa inggris disebut light/shiners (seperti dewa Apollo di mitologi Yunani) atau biasa disebut Lunarkinesis
Mungkin alasan kenapa Baekhyun mempunyai kekuatan cahaya karena jika tidak ada cahaya matahari gimana kita hidup. Dunia akan terasa mati, atau malahan dunia ini tidak bakal ada yang menempati maka dari itu menyebabkan Baekhyun menjadi Main vocalist dengan suaranya dia bias menyinari dunia ini (ngarang lagi ini:D) Oleh karena itu ia mirip dengan seorang dewa dari 12 dewa yang mendiami gunung Olympus dalam mitologi Yunani, yaitu Apollo dia juga dewa matahari dan cahaya. Seperti halnya Apollo disini Baekhyun juga mengendalikan cahaya (makanya kalau mati lampu panggil dia aja haha:D).
 Di MV MAMA juga ditunjukan lambang Baekhyun pada hiasan tangan yang seperti matahari disitu juga ia mengendalikan cahaya.


CHANYEOL: FLAME





Chanyeol adalah Main Rapper EXO-K. Chanyeol mempunyai lambang atau symbol phoenix. Taukan phoenix itu burung api yang besar,  phoenix sendiri adalah hewan mitos dalam legenda jaman dulu (kalau aku taunya dari kartun pokemon sebenarnya). 
Kalau di Korea, Phoenix merupakan simbol dari ratu Korea. Phoenix juga dibuat di hanbok kerajaan Ratu (Hanbok: pakaian tradisional Korea). Hanbok mereka biasanya memiliki desain phoenix di atasnya. Phoenix digambarkan sebagai makhluk yang indah. Mereka dapat mengubah diri mereka menjadi manusia, dan itu dilambangkan sebagai fleksibilitas dari ratu Korea. Phoenix juga membawa keberuntungan, dan mereka memiliki kekuatan penyembuhan.
 Lambang ini menunjukan Chanyeol memiliki kekuatan mengendalikan api atau dalam bahasa inggris disebut fire/flame (kalau di Avatar itu Zero musuhnya Aang) atau biasa disebut Pyrokinesis yang identik dengan api kekuatan pikiran nya untuk mendendalikan api, di bidang psikologi disebut Pyromaniac, jika sedang marah ia dapat mengeluarkan api yang sangat besar dari jentikan jarinya (jangan buat marah Chanyeol nanti kebakaran :D). Di MV MAMA juga ditunjukan dibelakang Chanyeol ada burung besar yang semuanya api.

 
D.O: EARTH





D.O adalah Main Vocalist EXO-K seperti Baekhyun. D.O mempunyai lambang atau symbol giant ant/semut raksasa. Lambang ini menunjukan D.O memiliki kekuatan mengendalikan bumi atau dalam bahasa inggris disebut earth/ earthling (seperti beberapa dewa di mitologi Yunani Poseidon dan Hefaistos dapat mengendalikan unsur dibumi tapi di Avatar juga adakan pengendali bumi) atau biasa disebut Terrakinesis
Terrakinesis adalah kekuatan pikiran untuk mengendalikan unsur bumi mencakup tanah bebatuan dan unsur lain sebagainya yang ada dibumi. Mungkin alasan kenapa D.O mempunyai kekuatan dapat mengendalikan bumi karena sesuai dengan dia adalah Main Vocalist yang dapat mengerakkan bumi dengan suaranya yang indah (sepertinya aku ngarang lagi:D) lalu kenapa semut. Semut dilambangkan sebagai bumi, karena semut hampir mendominasi populasinya di bumi, sehingga kenapa semut melambangkan bumi.
Seperti halnya Poseidon dapat membuat gempa bumi dan Hefaistos membuat gunung meletus, dengan ini D.O juga mempunyai kekuatan untuk mengendalikan bumi, jika sekali marah ia dapat menghentakan kakinya kebumi maka terjadilah gempa bumi yang besar (jangan buat marah D.O juga takut haha:D). Di MV MAMA, D.O juga menghentakan kakinya ke tanah sehingga terjadi gempa bumi yang menyebabkan tanah disekitarnya retak dan mobil disampingnya goyah.

KAI: TELEPORTATION





Kai adalah Main Dancer sekaligus Main Rapper EXO-K. Kai mempunyai lambang atau symbol keyhole. Taukan keyhole terlihat pada gambar symbol Kai, segitiga di symbol itu melambangkan ruang dan roda pusaran berbentuk lingkaran itu menunjukan waktu. Lambang ini menujukan Kai memiliki kekuatan untuk berpindah tempat kemanapun dan waktu kapanpun sesuai yang di inginkan oleh pemilik kekuatan (seperti mesin waktu yang dimiliki Doraemon di loker meja belajar Nobita tetapi ia tidak memerlukan alat) atau biasa dikenal dengan Teleportation.
Teleportation adalah kekuatan yang dapat menghilang ketempat satu ke yang lain atau kewaktu manapun yang diinginkan sesuai pemilik kekuatan (kalau aku pernah dengan batu teleport/ teleport stone di game yang pernah aku mainkan dengan batu itu kita dapat menyingkat waktu untuk sampai ke seuatu tempat). Mungkin alasan Kai mempunyai kekuatan ini karena di mampu bergerak kemana saja seperti dia adalah Main Dancer EXO.
Di MV MAMA, Kai dapat berpindah-pindah tempat dari awal menghampiri seluruh member EXO di berbagai tempat yang berbeda, tapi di MV dia tidak bergerak atau menuju tempatnya Tao karena dia adalah pengendali waktu mungkin Kai tidak akan bisa bergerak karena waktu di hentikan Tao.


SEHUN: WIND





Sehun adalah Main Dancer seperti Kai di EXO-K. Sehun mempunyai lambang atau symbol angin/udara (awalnya kukira bentuk bunga ternyata itu pusaran angin:D). Lambang ini menunjukan Sehun memiliki kekuatan mengendalikan udara/angin atau dalam bahasa inggris disebut wind/air (seperti Aang di Avatar dia adalah pengendali angina satu-satunya yang ada dibumi kan mungkin sekarang sudah digantiakan Sehun haha:D). 
Tetapi angin yang dikendalikan bukan udara yang kita hirup tapi angin yang mempunyai aura negatif saja. Seperti contohnya ia mengendalikan tornado, topan, atau badai. Untuk itu kita harus berhati-hati dengan pengendali udara karena bisa saja dia menghacurkan tempat tinggal kita (jangan buat marah Sehun juga:D).
Pengendali udara biasa disebut Aerokinesis. Di MV MAMA, Sehun ada di sebuah padang pasir yang luas sekali, disana ia membuat badai pasir yang sangat besar.

 EXO-M

XIUMIN: FROST




Xiumin adalah Lead Vocalist sekaligus Main Dancer EXO-M sekaligus hyung-nya para member EXO. Xiumin mempunyai lambang atau symbol snowflake/ frost/ kepingan salju (dilihat dari bentuknya itu seperti Kristal salju yang jatuh dari langit). Lambang ini menunjukan Xiumin memiliki kekuatan untuk membekukan sesuatu atau mengendalikan es (ice) dalam bahasa inggris disebut freeze (seperti katara selain mengendalikan air dia juga dapat membekukan air haha:D).
Kekuatan ini dapat membekukan seluruh ruangan dengan hanya memegang sesuatu yang ada disekitarnya. Biasanya kekuatan untuk mengendalikan es disebut Cyrokinesis. Salju yang turun seharusnya adalah air tetapi karena dibekukan menjadi Kristal salju yang sangat indah (kalau disini memang gak ada salju, mending manfaatkan Umin hyung buat membekuin es biar hemat listrik dikulkas, terus dijual haha otak bisnis :D). 
Di MV MAMA versi china, Xiumin bersama di satu ruangan dengan Lay dan saat ia mengendalikan pikirannya seluruh ruangan membeku seketika menjadi ruangan es.


LUHAN: TELEKINESIS





Luhan adalah Main Vocalist dalam EXO-M. Luhan mempunyai lambang atau symbol 2 grafik yg paling luar (yg ada 3 lingkaran) itu kekuatan pikiran, yg baris sesudahnya gelombang pikiran, yang lingkaran di tengah suatu benda, jadi symbol ini melambangkan jika Luhan dapat memindahkan benda dengan kekuatanya yang biasanya disebut Mind power/ Pengendalian pikiran. Dengan mengendalikan pikirannya Luhan dapat memindahkan benda tanpa menyentuhnya. Biasanya kekuatan pengendalian ini disebut Telekinesis
Awalnya aku mengira Luhan memiliki kekuatan telephaty atau dapat mengerti pikiran orang lain, tapi bisa jadi karena kekuatan Luhan adalah pengendali pikiran/mind power. Dengan ini tidak hanya dapat memindahkan benda saja tapi dia dapat melihat pikiran orang dengan kekuatannya (haha super ngarang:D).
Telekinesis adalah kekuatan yang membutuhkan kosentrasi, sehingga dengan konsentrasi kita dapat mengendalikan sebuah benda dengan menatap atau menunjuknya. Di MV MAMA, Luhan terlihat sedang memindahkan benda-benda yang ada disekitarnya tanpa menyentuhnya dan ia dapat melihat member yang lain dari benda bola yang dipindahkan.

KRIS: FLIGHT






Kris adalah Leader dari EXO-M. Kris mempunyai lambang atau symbol Dragon/Naga dengan bentuk kepala kecil dengan sayap yang lebar dan besar sehingga dapat terbang/flight/fly dengan kekuatan untuk melawan gravitasi.
Saat ini, orang yang tidak tahu apa-apa tentang sejarah kuno Cina akan mengambil ini sebagai salah satu simbol Illuminati (Illuminati: sebuah organisasi yang menolak untuk percaya Tuhan, mereka ingin membangun sebuah dunia baru). Tapi percaya atau tidak, sudah lama di China, orang-orang melambangkan raja mereka seperti seekor naga. Mereka percaya bahwa naga adalah makhluk suci. Naga melambangkan kemakmuran, keberuntungan, kekuasaan dan adalah makhluk megah.
Lambang ini menunjukan kalau Kris dapat terbang melawan arah gravitasi. Naga atau Dragon dapat terbang setinggi mungkin untuk melawan arah gravitasi bumi dan dapat menghembus api dari mulutnya sama dengan Chanyeol ia dapat terbang dan mengeluarkan api. Tetapi Kekuatan utama Kris adalah terbang dan Chanyeol adalah api. Nama kekuatan ini biasa disebut Levitation. Di MV MAMA, Kris terbang dari atas gedungkan nah itulah kekuatan Kris.
 
LAY: HEALING




Lay adalah Main Dancer EXO-M. Lay mempunyai lambang Unicorn (tapi ada yang bilang lambangnya Pegasus, aku benarkan ya dari mitologi Yunani Pegasus itu dilambangkan makhluk Kuda yang memiliki sayap dan dapat terbang yang membawa petir Zeus) yang biasanya dikenal dengan sebutan Vitakinesis
Unicorn dalam mitos merupakan hewan menyerupai kuda yang bertanduk. Dipercayai dulu kuda ini ada dimasanya, diceritakan kuda bertanduk ini dapat menghidupkan atau menyembuhkan makhluk dengan darahnya. Namun ada versi lain yang dapat menyembuhkan atau menghidupkan kembali dengan tanduknya.
Hal ini menunjukan bahwa Lay memiliki kekuatan untuk menyembuhkan atau menghidupkan kembali makhluk hidup atau biasanya dalam bahas inggris disebut heal/healing. Unicorn adalah kuda bertanduk yang masih dianggap hewan mitos, keberadanya belum dipastikan.
Jadi, jika kalian sakit cari Lay buat menyembuhkan kalian. Jangan takut sakit jika berada disisinya. Di MV MAMA, disana Lay memegang lukisan kuda bertanduk setelah itu ia dapat menghidupkan kembali bunga yang sudah layu.


CHEN: LIGTHING

Chen adalah Main Vocalist EXO-M. Chen mempunyai lambang atau symbol Scorpion/ Kalajengking. Lambang ini menunjukan Chen mempunyai kekuatan untuk mengendalikan petir atau dalam bahasa inggris dapat disebut lighting/bolt/thunder (seperti halnya Zeus dalam mitologi Yunani dan Pegasus yang diperitahkan untuk membawa petir, tapi kenapa lambangnya bukan kuda terbang. Karena mungkin akan sama dengan unicorn) atau biasa disebut pengendali petir adalah Elektrokinesis.
Kalajengking (scorpion) kenapa melambangkan petir di MV nya kan Chen juga ada di dekat kalajengking, menurutku karena kalajengking punya kekuatan menyengat jika dalam bahaya (seperti layaknya petir dapat menyabar dengan kekuatannya hingga bisa jadi makhluk lumpuh atau mati haha:D) kalau scorpion juga mampu melumpuhkan makhluk dengan sengatnya. Karena antara sengat kalajengking dan petir sama sehingga bisa saja kenapa dijadikan lambang (ngarang lagi:D). Ada juga yang mengatakan terinspirasi dari film The Scorpion King, yang disana kalajengkingnya terkena petir.
Di MV MAMA, Chen duduk di batang pohon yang mkati di sebuah padang pasir dan di mengeluarkan petir dari tangannya diarahkan pada kalajengking dan terakhir dia membuat petir yang sangat besar.

TAO: TIME CONTROL




Tao adalah Main Rapper di EXO-M. Tao mempunyai lambang atau symbol Hourglass/ Jam pasir. Lambang ini menunjukan Tao mempunyai kekuatan untuk mengendalikan waktu seperti menghentikan waktu atau dalam bahasa inggris disebut Time Control (pengontrol waktu) biasanya kekuatan ini disebut Choronokinesis.
Jam pasir dulu digunakan sebagai stopwatch sebelum jaman elektronik, sehingga alasan jam pasir digunkan sebagai symbol karena sangat berkaitan dengan waktu. Dengan kekuatan ini Tao dapat menghentikan waktu atau mengendalikan waktu seperti dapat mempercepat atau mengembalikan waktu yang lampau. Alasan kenapa Tao memiliki kekuatan ini karena dia bisa fighting (bertarung alias wushu) singga dengan waktu yang ia hentikan dia dapat memperlambat lawan  atau menghentikan waktu hingga dia bisai memukul lawan (ngarang lagi:D).
Di MV MAMA, Tao mengendalikan bunga mawar yang terjatuh dari langit dan dia menghentikannya, dan disana Kai tidak datang dikarenakan dia tidak dapat mengunakan kekuatannya di dekat Tao (sepertinya begitu).

Kekuatan dewa yang dimiliki EXO mungkin hanya konsep yang sangat matang. Karena untuk memahami mitologi Kuno itu sangatlah tidak mudah. Percaya tidak percaya, tapi aku sangat tertarik untuk mengetahuinya, karena seperti dongeng mitologi Yunani itu kita bisa ber imajinasi dan memperluas pengetahuan. Planet EXO yang menyerupai bumi, apakah ada kehidupan disana itu masih belum diselidiki. Dan hal ini hanya Tuhan yang tau, manusia hanya harus mencari ilmu seluas luasnya:).





Tidak ada komentar:

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS